Pentingnya Peran Orangtua Batasi Penggunaan Gadget Bagi Anak



Isu parenting alias peran orang-orang tua bagi anak sangat krusial di keadaan pandemi yg serba digital.

Begitu disampaikan oleh Staf Khusus Menteri Komunikasi serta Informatika, Rosarita Niken Widiastuti.

“Ketika anak-anak, dari kecil hingga remaja lebih tak sedikit go virtual memanfaatkan internet, wajib sangatlah dikawal oleh orang-orang tua, sebab internet isinya tak hanya konten positif saja, tapi juga hal-hal negatif semacam pornografi, hoaks serta lain-lain,” ucap Niken di Jakarta, Jumat (11/12/2020).

Di tengah pandemi Covid-19, dikatakan Niken tren penggunaan internet melewati gawai melonjak tajam.

Kegiatan nonton film meningkat 75 persen serta penggunaan media umum meningkat 47 persen.

Artinya, hampir semua seluruh kegiatan di internet trennya menanjak.

Oleh karenanya Niken mengimbau supaya orang-orang tua memperhatikan perilaku anak dalam memakai gadget.

“Kepada keluarga, gadget kita tidak hanya untuk anak belajar, wajib juga menjaga keamanan anak-anak berselancar di internet di masa pandemi. Sering-sering anak diajak bertukar pikiran mengenai aktivitas online, gunakan antivirus juga untuk mengontrol privacy di gadget serta perbuat kegiatan online bersama untuk menangkal hoaks,” imbau Niken.

Pesan serupa juga disampaikan oleh Konselor Keluarga, Robiah Al Adawiyah.

Menurutnya, dinamika digital kini menurutnya menuntut semua generasi untuk cerdas bergadget dalam keluarga.

“Batasi waktu,batasi konten, batasi ruang. Imbangi dengan menerapkan disiplin penggunaan, mengimbangi dengan kegiatan-kegiatan lain, serta orangtua memperlihatkan teladan kegiatan produktif tanpa memakai gadget supaya anak mempunyai tak sedikit opsi dalam kegiatannya,” ujarnya.

Sementara itu, DPR RI juga mengimbau supaya seluruh lapisan masyarakat semakin menyesuaikan diri alias menyesuaikan diri dengan perkembangan digital ketika ini.

“Di era digital kita sedang new normal kepada digital, melakukan adaptasi dengan digital. Untuk generasi belia terbukti tak ada masalah, tapi generasi tua pasti ada kendala menghadapi perkembangan teknologi. Makanya orang-orang tua dituntut juga memahami serta menyesuaikan diri dengan cepat terhadao perkembangan teknologi supaya sanggup mengajar anak memakai gadget untuk kegiatan yg positif,” ucap Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Abdul Kharis Almasyhari.