3 Ancaman Bencana di Jakarta yang Menjadi ‘Isyarat’ Bagi Ibu Kota Untuk Pindah Lokasi

Terus menjadi padatnya hunian serta penduduk di Jakarta, malah menimbulkan permasalahan baru yang tidak kalah berartinya. Bunda kota yang mempunyai luas 661, 5 km² tersebut, diprediksi hendak hadapi‘ musibah besar’ yang sepanjang ini tidak disadari. Paling utama di daerah bagian utara. Bagi studi regu pakar geodesi Institut Teknologi Bandung yang dilansir dari Kumparan. com memproyeksikan, 95 persen wilayah di Jakarta Utara hendak terletak di dasar permukaan laut alias tenggelam pada 2050.



Besarnya beban bangunan serta penyusutan tanah akibat penyedotan air yang berlebih, jadi salah satu pemicu Jakarta hendak tenggelam di masa yang hendak tiba. Bukan cuma itu, beberapa perkara besar yang lain pula jadi ancaman untuk jutaan penduduk yang tinggal di Jakarta. Seolah jadi suatu‘ isyarat’, kalau Indonesia memerlukan tempat baru buat bagaikan Bunda kotanya.

Polusi hawa yang makin hari meningkat buruk



Mutu hawa di Jakarta saat ini jadi sorotan serta terletak pada titik yang mengkhawatirkan. Bersumber pada informasi AirVisual, web penyedia peta polusi hawa, semacam yang dilansir halaman Liputan6. com mengatakan, Indeks mutu hawa Jakarta terletak di peringkat 3 dengan angka 145 serta masuk jenis tidak sehat. Sedangkan itu, posisi kedua serta awal diduduki oleh Kota Dhaka( Bangladesh) serta Dubai( Uni Emirat Arab) dengan jumlah AQI tiap- tiap sebesar 150 serta 147. Masuk ke peringkat 3 bagaikan negeri dengan polusi terburuk di dunia, pasti bukan kabar bagus untuk bunda kota.

Ancaman tsunami yang dapat membanjiri bunda kota



Ancaman yang tidak kalah mengerikannya terhadap bunda kota tsunami, yang memanglah kerap terjalin di sebagian daerah Indonesia. Dilansir dari Suara. com, Kepala Tubuh Meteorologi, Klimatologi, serta Geofisika( BMKG) Dwikorita Karnawati berkata ancaman terdekat yang dialami masyarakat Bunda kota merupakan gelombang pasang tersebut. Paling utama di Tepi laut Utara Jakarta. Apalagi dengan ketinggian tertentu, tsunami yang terjalin dapat langsung membuat Jakarta banjir. Sedangkan itu, air laut yang pasang pula mampu membuat pesisir bunda kota tergenang.

Megahtrust yang diprediksi bakal mengguncang Jakarta



Kemampuan gempa besar yang menyerang Jakarta, memanglah pernah mencuat sebagian waktu silam. Perihal ini tiba dari megathrust ataupun patahan lempeng naik yang jadi ancaman besar untuk bunda kota. Dilansir dari BBC. com, Jakarta berpotensi dikejutkan gempa besar dari megathrust, apalagi sampai lebih dari 8 Skala Richter( SR). Para ahli menyebut kemampuan tersebut berasal dari zona kegempaan ataupun seismic gap yang terdapat di dekat Jakarta. Walaupun demikian, belum terdapat prediksi yang tentu tentang kekokohan getaran yang dihasilkan.

Tidak dipungkiri, keadaan Jakarta yang saat ini sudah serta padat sesak dengan bangunan serta manusia memanglah memunculkan problem tertentu. Tidak cuma ancaman berbentuk terdapatnya kemampuan musibah yang tiba dari alam, tetapi pula terkadang berasal dari ulah manusianya sendiri. Apakah perihal ini jadi salah satu tanda- tanda kalau Bunda kota wajib pindah? Kita amati saja nanti.