BPBD Suplai Air Bersih untuk 172 Desa di 20 Kabupaten di Jawa Timur

Hingga hari ini, Jumat( 26/ 7/ 2019), Tubuh Penanggulangan Musibah Wilayah( BPBD) Jatim telah mengirimkan air bersih ke 172 desa di 20 kabupaten di Jawa Timur.



Suban wahyudiono Kepala BPBD Provinsi Jawa Timur berkata, suplai air bersih dicoba sebab wilayah itu hadapi kekeringan akibat masa kemarau 2019.

Bekerja sama dengan Industri Wilayah Air Minum( PDAM), BPBD Jatim menyuplai air bersih buat desa- desa kekeringan antara 5. 000- 6. 000 liter per tangki per hari.

Semenjak dini Juni kemudian, total pengiriman air yang terdata sebanyak 3. 685 tangki ke ratusan desa di 78 kecamatan. Sebanyak 2. 571 tangki biayanya ditanggung Pemda setempat, 1. 114 tangki ditanggung Pemprov Jatim.

Kabupaten paling banyak yang menerima suplai air bersih merupakan Kabupaten Pasuruan. Telah 1. 035 tangki yang dikirimkan ke 21 desa di 6 kecamatan di kabupaten itu.

" Perkaranya, terdapat beberapa desa yang lokasinya memanglah tidak terjangkau oleh kendaraan. Itu desa- desa yang terdapat di dataran besar," ucapnya.

Contohnya di desa Bluuran, Kecamatan Karang Penang, Kabupaten Sampang. Terdapat suatu pondok pesantren yang meliburkan 250 orang santrinya sebab tidak terdapat air.

Posisi desa ini terletak di dataran besar yang susah terjangkau truk tangki. Tidak hanya itu, pengeboran sumur susah dicoba sebab sumber air yang lumayan dalam.

Langkah jangka panjang, BPBD Jawa Timur bekerja sama dengan lembaga hendak sediakan sumur bor ataupun embung- embung air di desa- desa susah terjangkau itu.

" Kami telah koordinasi dengan Pak Sekda serta dinas terpaut. ESDM serta PU Cipta Karya buat geolistrik serta pengeboran sumur. Embung nanti dengan PU Sumber Energi Air," ucapnya.

Tadinya, Suban mengatakan, hingga hari ini telah terdapat 15 Kabupaten di Jawa Timur yang melaporkan status siaga darurat kekeringan.

Beberapa daerah di 15 kabupaten itu hadapi kering kritis. Keadaan kala sumber air bersih di suatu wilayah sangat dekat berjarak lebih dari 3 km.

Tidak cuma itu, ketersediaan air bersih di wilayah kering kritis pula lumayan memprihatinkan. Kurang dari 10 liter per orang tiap harinya.

Bersumber pada informasi BPBD terkini, dari 38 kabupaten/ kota di Jawa Timur 28 kabupaten terdata hadapi kekeringan. Terdapat 24 kabupaten di antara lain kering kritis.( den/ tin/ ipg)